Dragon Ball Sparking Zero menjadi nama resmi Dragon Ball Budokai Tenkaichi 4


Dragon Ball Sparking Zero menjadi nama resmi Dragon Ball Budokai Tenkaichi 4.Ketenaran anime dan manga Dragon Ball sepertinya tak pernah pudar. Meski manga asli Dragon Ball berakhir pada 23 Mei 1995, dan animenya sendiri berakhir setahun kemudian, franchise Dragon Ball tetap mempertahankan popularitasnya sendiri di dunia. Mulai dari adaptasi video game yang selalu dirilis di setiap generasi konsol hingga terciptanya anime dan manga baru tentang Dragon Ball.

Penggemar Dragon Ball pastinya sudah tidak asing lagi dengan serial adaptasi game bernama Dragon Ball Budokai Tenkaichi. Beragamnya karakter yang dapat dimainkan, lingkungan 3D seperti arena pertarungan, dan efek kehancuran membuat para penggemar Dragon Ball terpesona dengan seri game ini. Butuh waktu sekitar 16 tahun bagi para penggemar untuk mendengar kelanjutan seri game ini, yang sebelumnya berakhir pada seri ketiga. Pada tanggal 5 Maret 2023, di Turnamen Kejuaraan Dunia Dragon Ball FighterZ, diumumkan melalui teaser bahwa sekuel seri game Budokai Tenkaichi sedang dalam pengembangan.


Di The Game Awards 2023, developer Spike Chunsoft mengumumkan bahwa Dragon Ball Sparking Zero menjadi nama resmi dari seri terbaru Budokai Tenkaichi. Memberi nama seperti ini mungkin akan menimbulkan kebingungan bagi penggemar yang menggunakan angka untuk merujuk pada setiap sekuel di iterasi sebelumnya. Trailer pengumuman Sparking Zero hadir dengan apa yang diharapkan sebagian besar penggemar mengenai pembaruan terkini pada seri game Budokai Tenkaichi dan konfirmasi beberapa karakter Dragon Ball Super yang dapat dimainkan.


Namun masalahnya adalah pada judul game itu sendiri. Mengingat judul-judul sebelumnya, banyak penggemar yang berharap Budokai Tenchi 4 akan mengikuti nama tiga rilisan sebelumnya. Namun mengingat periodenya yang sejauh ini dibandingkan dengan karya sebelumnya, masuk akal untuk menggunakan nama baru, dan ada alasan lain.


Penggemar serial ini di Barat dan di seluruh dunia pasti selalu mengenalnya sebagai game Budokai Tenkaichi, namun nama ini sebenarnya hanyalah nama lokalisasi bahasa Inggris. Saat Budokai Tenkaichi pertama kali dirilis pada tahun 2005, sebenarnya pertama kali diberi judul Dragon Ball Z: Sparking di Jepang. Sekuel populer berikutnya tidak memiliki entri bernomor dengan nama aslinya, yang dikenal sebagai Sparking Neo dan Sparking Meteor.

Terlepas dari kompleksitas keseluruhan yang terlihat dalam penamaan media yang terkait dengan franchise Dragon Ball, ada beberapa ambiguitas yang menyesatkan seputar serial Budokai Tenkaichi. Misalnya saja game Raging Blast yang sering disalahartikan oleh sebagian penggemar sebagai kelanjutan dari serinya, dan Tenkaichi Tag Team untuk PSP hanya diberi judul Tag Versus di Jepang tanpa livery Tenkaichi.


Ultimate Tenkaichi adalah game lain yang mungkin sering dikaitkan dengan seri ini, tetapi judul asli Jepangnya adalah Ultimate Blast sebelum pelokalan membuatnya lebih mudah untuk membenarkan gaya uniknya. Pengenalan Sparking Zero ini mungkin memerlukan waktu bagi para penggemar di Barat dan di seluruh dunia untuk membiasakan diri, tetapi hal ini berpotensi membuat seri game pertarungan Dragon Ball secara keseluruhan lebih mudah untuk dipahami.

Tinggalkan Balasan